DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF SMARTPHONE BAGI KEHIDUPAN SOSIAL

Memang di akui dan tidak bisa di pungkiri bahwa produksi smartphone kian hari semakin banyak. Dari tahun ke tahun semakin meningkat tajam bahkan perkembangan smartphone dari tahun ke tahun semakin maju.


Smartphone android di zaman sekarang banyak yang telah di bekali berbagai macam fitur canggih seperti Instant message (whatsapp, telegram, BBM), Video Call, SMS, Telphone dan lain sebagainya. Berbagai perusahan besar seperti Samsung,dan Apple selalu bersaing untuk mendapatkan sebuah produk yang banyak di minati oleh kalangan orang banyak.



Tapi tahukah kamu?

Dengan perkembangan teknologi tersebut menimbulkan berbagai efek sosial baik dari segi positif maupun yang negatif. Adpati akan sedikit mengulas tentang efek/dampak dari smartphone baik yang positif atau yang negatif.

Baca Juga



Jika di lihat dari segi positif:

  • Membantu mencari informasi yang lebih mudah. Seiring perkembangan smartphone kebutuhan akan internet pun semakin meningkat. Bahkan di jaman sekarang bisa di bilang tidak bisa hidup tanpa internet.
  • Membantu kegiatan dalam berhubungan/ komunikasi baik antar keluarga, saudara, dan kerabat. Jika pada zaman dulu masih begitu sederhana menggunakan surat menyurat yang di mana di bagian amplop di tempel sebuah perangko. Dan pesan akan sampai dalam waktu 1-2minggu kalau sekarang cukup 1-3detik pesan sudah terkirim.
Jika di lihat dari sisi negatif:
  • Kesenjangan sosial
Dengan adanya smartphone ,hampir semua orang tidak bisa lepas dari Hp setiap harinya. Sedang makan selalu di temani hp, buang air besar di wc bawa hp, tidur dekat hp semua kegiatan selalu sibuk dengan hp. Bahkan sedang ngobrol sama keluarga, teman selalu buka hp.


Kadang tidak fokus dengan lawan bicara. Kita sedang duduk bareng,dekat tapi semua membisu pada asyik dengan hp masing-masing. Padahal kita dekat tapi serasa jauh. Kita harus sadar bahwa waktu dengan orang-orang disekitar kita itu lebih penting untuk selalu dapat menjalin komunikasi yang secara langsung.



Dengan demikian kita dapat menghargai waktu yang ada untuk melakukan aktivitas bersama keluarga ataupun kerabat.

  • Dengan Smartphone canggih tidak lepas dari mudahnya akses internet.
Internet sendiri juga mimicu dampak negatif bagi para pengguna smartphone. Banyak situs - situs terlarang yang sangat mudah sekali di akses lewat internet. Seperti pornografi, kekerasan , obat-obatan dan narkoba.
  • Kurangnya rasa toleransi
Jika sudah berhadapan dengan hp susah untuk di ajak bicara. Gak ada sedikit rasa menghormatinya sama sekali.
  • Kurangnya etika sopan dan santun
Banyak dari kalian yang mungkin sudah tidak asing lagi dengan yang namanya selfi. Smartphone zaman sekarang banyak yang sudah di lengkapi dengan Camera. Baik kamera depan dan belakang. Nah bagaimana jika selfi tidak pas dengan kondisi dan situasi suatu tempat. Contoh : Ada orang jatuh dari motor bukannya di tolong malah selfi dan di upload ke sosial media, ada orang meninggal malah selfi di upload lagi ke sosial media.


Oleh karena itu dengan adanya perkembangan industri smartphone tersebut kita harus bisa menyikapinya dengan bijak dan baik. Apalagi bagi anak - anak kita nantinya. Kita sebagai orang tua perlu memonitoring akan perilaku anak.




Labels: ADPATI ISLAMI, BUDAYA, SOSIAL

Thanks for reading DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF SMARTPHONE BAGI KEHIDUPAN SOSIAL. Please share...!

0 Comment for "DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF SMARTPHONE BAGI KEHIDUPAN SOSIAL"

Back To Top