PENGERTIAN DAN DEFINISI MAKRIFAT. APA MAKRIFAT ITU?


Secara etimilogi Kata makrifat memiliki arti “mengetahui atau mengenal”. Makrifat berarti pengetahuan. Obyek makrifat adalah kebenaran (al-Haqq). Makrifat al-Haqq dalam arti teoritis berarti pengetahuan yang benar tentang realitas sesuatu menurut apa adanya. Seperti bumi itu bulat dan beredar pada porosnya. Makrifat al-Haqq berarti memiliki pengetahuan yang benar tentang baik dan buruknya sesuatu perbuatan manusia.

Sedangkan secara terminologi atau istilah dari berbagai kalangan telah mendefinisikan kata makrifat dengan bahasa mereka masing-masing. Seperti yang di definisikan oleh :
  • Imam al-Qusyairi mengatakan; makrifatullah adalah sifat orang yang mengenal Allah dari bentuk dirinya sendiri, bertanya tentang dirinya sendiri dengan selalu menyegarkan amaliyah dari waktu ke waktu.
  •  Dr. Mustafa Zahri mengemukakan salah satu pendapat Ulama Tasawuf  mengatakan : "Marifat yakni ketetapan hati (dalam mempercayai hadirnya) wujud yang wajib adanya (Allah) yang menggambarkan segala kesempurnaannya."
  • Asy-Syekh Ihsan Muhammad Dahlan Al-Kadiriy mengemukakan pendapat Abuth Thayyib As-Saamiriy  mengatakan: "Ma'rifat ialah hadirnya kebenaran Allah (pada Shufi),dalam keadaan hatinya selalu berhubungan dengan Nur Ilahi.

Makrifat menurut ahli fiqih adalah ilmu. setiap ilmu itu makrifat, makrifat itu ilmu, setiap orang alim arif dan setiap arif itu alim. Marifat menurut ahli sufi adalah rasa kesadaran kepada Alloh SWT akan sifat dan Asma Alloh SWT.


Makrifat artinya mengenal Allah SWT secara yakin dan melihat Allah dengan mata hati, sekaligus sebagai ujung perjalanan dari segala ilmu pengetahuan yang dilakukan oleh kalangan kaum sufi. Dengan kata lain makrifatullah adalah kumpulan ilmu pengetahuan tentang syari’at dan amalan-amalan tertentu yang dicapai dengan penuh perasaan dan dapat menimbulkan rasa cinta di dalam jiwa, sehingga terbuka mata hatinya untuk melihat Allah SWT dan alam ghaibnya yang dipertunjukkan sebagai bukti kebesaran-Nya.

Baca Juga


Makrifat adalah ilmu yang tidak menerima keraguan (العلم الذى لا يقبل الشك).
Menurut Al-Gazali:
ان علم اليقين هو الذي هو الذى ينكشف فيه المعلوم انكشافا لا يبقى معه ريب ولا يقالانه امكان الغلط والوهم ولا يتسع القلب لتقدير ذلك

“Sesungguhnya ilmu yang meyakinkan itu adalah ilmu yang dimana menjadi obyek pengetahuan itu terbuka dengan jelas sehingga tidak ada sedikit pun keraguan terhadapnya; dan juga tidak mungkin salah satu keliru, serta tidak ada ruang di qalbu untuk itu”.
الإطلاع على أسرار الربوبية والعلم بترتب الأمور الإلهية المحيطة بكل الموجودات.

“Terbukanya rahasia-rahasia Ketuhanan dan tersingkapnya hukum-hukum Tuhan yang meliputi segala yang ada”.

Dan perlu diketahui, betapapun tingginya pengenalan (al-makrifat) seseorang terhadap Allah swt, ia tidak akan mungkin dapat mengenal-Nya dengan sempurna, sebab manusia itu bersifat terbatas (finite), sedangkan Allah bersifat tak terbatas (infinite).


"Dirangkum dari berbagai sumber"

Labels: ADPATI ISLAMI, ISTILAH, MAKRIFAT

Thanks for reading PENGERTIAN DAN DEFINISI MAKRIFAT. APA MAKRIFAT ITU?. Please share...!

0 Comment for "PENGERTIAN DAN DEFINISI MAKRIFAT. APA MAKRIFAT ITU?"

Back To Top